ANALISIS PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN SIANTAN HULU PONTIANAK

Authors

  • Lila Tusakdia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Hadi Rianto IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.3150

Keywords:

Remaja Masjid, Karakter Religius

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembinaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, Kegiatan Keagamaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, dan Upaya Pengembangan Karakter Religius Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk survey. Sampel yang digunakan adalah 30 remaja yang beragama islam dengan menggunakan teknik observasi, wawancara tidak langsung,dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan remaja masjid dengan angka persentase 80.17%, kegiatan keagamaan remaja masjid dengan angka persentase 80.33%, dan upaya pengembangan karakter religius dengan angka persentase 81.33% menunjukkan peran remaja masjid nurul iman di kelurahan siantan hulu dalam mengembangkan karakter religius melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di masjid sebagai pusat aktivitas remaja dalam membentuk jati diri dengan adanya pembinaan remaja dalam memakmurkan masjid serta mengarahkan generasi muda islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lila Tusakdia, IKIP PGRI PONTIANAK

Fakultas FIPPS

program Studi PPKn

References

Admin, (2011). 18 Indikator Pendidikan Karakter Bangsa. http://belajaronlinegratis. diakses pada tangggal 29 september 2021,

Arikunto, S (2005). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). “Metode Penelitian”, Bandung: Alfabeta

Umar ,J. 2003, Panduan Remaja Masjid, Surabaya: CV. Alfa Surya Grafika.

Jalaludin, (2001).Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kamaludiningrat, (2010). “Meningkatkan Peran Dan Fungsi Masjid Dalam Dakwah Dan Pembinaan Masyarakat Madani Beriman Dan Bertaqwa”, Yogyakarta: Jurnal Ulama.

Marzuki, (2019). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Imprint Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2003). Metodologi Penelitian Bidang Social. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Riduwan, (2002). “Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Siswanto, (2005). Hakikat Pengelolaan Organisasi Remaja Masjid. http://google .co.id/url?=eprints.ung.ac diakses tanggal 25 januari 2021

Siswanto, (2015).Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan (2010). Pendidikan karakter: Sedemikian pentingkah dan apakah yang harus kita lakukan (www.suparlan.com) diakses tanggal 20 juni 2021.

Yani, A. (2016). Panduan Memakmurkan Masjid Praktis Bagi Aktivis Masjid. Jakarta: LPPD Khairu Ummah.

Zuldafrial, (2012). “Penelitian Kuantitatif”, surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Tusakdia, L., & Rianto, H. (2023). ANALISIS PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN SIANTAN HULU PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.3150