PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS

Authors

  • Sam Randa Franista Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP PGRI PONTIANAK
  • Hemafitria Hemafitria Program Studi PPKn
  • Rohani Rohani Program Studi PPKn

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.3387

Keywords:

Problem Based Learning, Sikap Demokratis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1). Bagaimanakah perencanaan penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 2). Bagaimanakah pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 3). Apakah terdapat peningkatan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkan model Problem Based Learning dikelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Sma Negeri 1 Samalanatan. Alat pengumpulan data menggunakan paduan observasi,skala sikap dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning sudah dapat meningkatkan sikap demokratis pada siswa dengan menjadikan pembelajaran yang aktif sehingga menimbulkan sikap terbuka, berani mengemukakan pendapat,saling menghargai, serta berkerjasama dalam individu maupun kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problame Based Learning. Media Grup: Djogjakarta.

Amir, M Taufiq.(2013).Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pkn MI Al Muhajirien’. Dalam

Darsono, Marx. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Unnes Press.

Direktorat Pembinaan SMP. (2014). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi problem based learning (PBL) padaproses pembelajaran di BPTP Bandung.Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12.

Hamnuri. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Insan Madani.

Husnidar, dkk. (2014). ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1

Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 5.

Kansil. 2009 Modul Pancasila dan Kewarganegaraan. PT. Pradnya Paramita: Jakarta

Kartimi. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep

Kowiyah. (2012). Opini Kemampuan Berpikir Kritis. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No.5.

Rusmono (2017) Startegi Pembelajaran dengan Problem Based Learning

Septiliana, Ninis Ristiani. (2011). ‘Hubungan Antara Pemahaman Demokrasi dan Budaya Demokrasi dengan Sikap Demokrasi pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Karanganyar Tahun ajaran 2010/2011’. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah.Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan A&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryati, Titin. (2012). ‘Peningkatan sikap demokratis siswa Melalui Metode

Tan, O.S. (2008). Problem-based learning and creativity. Singapore: Cengage Learn-ing.

Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah, (Online), 1(1): 21-26 (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii), diakses 15 feb 2015.

Walker, Andrew & Heather Leary. 2009. A ProblemBased Learning Meta Analysis: DifferencesAcross Problem Types, Implementation Types,Disciplines, and Assessment Levels. The Inter disciplinary Journal of Problem-based Learning. 3(1). 12-43

Yogyakarta:Ombak

Zamroni. ( 2013). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultur.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Franista, S. R., Hemafitria, H., & Rohani, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 15–23. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.3387