PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.3387Keywords:
Problem Based Learning, Sikap DemokratisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1). Bagaimanakah perencanaan penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 2). Bagaimanakah pelaksanaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 3). Apakah terdapat peningkatan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkan model Problem Based Learning dikelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Sma Negeri 1 Samalanatan. Alat pengumpulan data menggunakan paduan observasi,skala sikap dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning sudah dapat meningkatkan sikap demokratis pada siswa dengan menjadikan pembelajaran yang aktif sehingga menimbulkan sikap terbuka, berani mengemukakan pendapat,saling menghargai, serta berkerjasama dalam individu maupun kelompok.Downloads
References
Amir Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problame Based Learning. Media Grup: Djogjakarta.
Amir, M Taufiq.(2013).Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pkn MI Al Muhajirien’. Dalam
Darsono, Marx. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Unnes Press.
Direktorat Pembinaan SMP. (2014). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi problem based learning (PBL) padaproses pembelajaran di BPTP Bandung.Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12.
Hamnuri. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Insan Madani.
Husnidar, dkk. (2014). ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1
Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 5.
Kansil. 2009 Modul Pancasila dan Kewarganegaraan. PT. Pradnya Paramita: Jakarta
Kartimi. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep
Kowiyah. (2012). Opini Kemampuan Berpikir Kritis. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No.5.
Rusmono (2017) Startegi Pembelajaran dengan Problem Based Learning
Septiliana, Ninis Ristiani. (2011). ‘Hubungan Antara Pemahaman Demokrasi dan Budaya Demokrasi dengan Sikap Demokrasi pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Karanganyar Tahun ajaran 2010/2011’. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah.Jurnal Pendidikan Inovatif. 2 (2): 68-73.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan A&D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryati, Titin. (2012). ‘Peningkatan sikap demokratis siswa Melalui Metode
Tan, O.S. (2008). Problem-based learning and creativity. Singapore: Cengage Learn-ing.
Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah, (Online), 1(1): 21-26 (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii), diakses 15 feb 2015.
Walker, Andrew & Heather Leary. 2009. A ProblemBased Learning Meta Analysis: DifferencesAcross Problem Types, Implementation Types,Disciplines, and Assessment Levels. The Inter disciplinary Journal of Problem-based Learning. 3(1). 12-43
Yogyakarta:Ombak
Zamroni. ( 2013). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultur.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.