PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4019Keywords:
Guru, Perilaku Negatif, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 2) Faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 3) Hambatan apa saja yang dialami guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negtaif siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik documenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai komunikator, peran sebagai model dan agen moral. Mengenai faktor penyebab terjadinya perilaku negatif siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal, kemudian hambatan yang dialami guru dalam menanggulangi perilaku negatif siswa yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai akibat kenakalan yang dilakukan, pergaulan peserta didik dengan teman yang nakal dan kurangnya pengawasan serta perhatian orang tua.Downloads
References
Abdullah, Idi. (2011). Sosiologi Pendidikan Individu. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Grafura, L, & Wijayanti, A. (2016). 100 Masalah Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikuklum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartini, Kartono. 2013. Jilid 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Martin, Garry. dan Pear, Joseph. Modifikasi Perilaku: Makna Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2015.
Moleong, L.J, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sarlito W. Sarwono. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Solso. (2010). Psikologi Kognitif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Sudarsono. 2012. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rinaka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Vembriarto. (2011). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Zuldafarial. (2012). Penelitian kualitatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Kewajiban Guru.
AFIA, H., & AKBAL, M. Peranan Guru Pkn Dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja Di Sekolah (Studi Di Sma Negeri 12 Sinjai). Jurnal Tomalebbi, (3), 130-140. Alfabeta.
Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa SMA swasta di Surabaya. Jurnal BK Unesa, 3(1), 454-461.
Dinarwati Sarpan. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Dalam Menaggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di Smp Negeri 3 Sampolawa. SELAMI IPS Edisi Nomor 1 Volume 12.
Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Joni Fatkhuraman. 2020. Guru Sebagai Pembimbing. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unoversitas Kristen Setya Wacana. Jurnal, no. 1/XXII/2020.
Varyani, V., Sulistyarini, S., & Rustiyarso, R. Analisis Pengendalian Sosial Perilaku Menyimpang Siswa Bermasalah di SMA (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Widodo, G. S., Hariyono, & Hanurawan, F. (2016). Persepsi Guru Tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar “Raja Agung.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 142– 153.
Wulandari, D. O., & Hodriani, H. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(3), 139-147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.