PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI KEUANGAN LEMBAGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI PONTIANAK

Authors

  • Nur haliza IKIP PGRI Pontianak
  • Syarif Firmansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4489

Keywords:

Kata kunci, Hasil Belajar, Model paikem Gembrot .

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X AKL SMK Koperasi Pontianak. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIKEM GEMBROT SMK Koperasi Pontianak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas X AKL SMK yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi,observasi, dan penliaian kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran PPKn dikleas X AKL SMK Koperasi Pontianak pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 65.68 %. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 13 orang yang tuntas dengan ketuntasaan klasikal 70 %. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83.85% dari 20 orang siswa terdapat 19 orang siswa tuntas dengan ketuntasaan klasikal 95 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas X SMK AKL Koperasi Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi,lif khoiru dan Sofan Amri.2011 Paikem Gembrot Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira Dan Berbobot.jakarta : PT. Prestasi Pustaka Raya. Jurnal program prasarjana.

Arikunto.(2009).Prosedur Penelitian,satuan praktek .Jakarta:Bina Aksara

Jihad, Asep & Abdul Haris.(2008) Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta. Multi Presindo.

Cholisin.(2004).Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education).Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi UNY.

Darmadi, H (2011).Metode Penelitian Pendidikan .Bandung:Alfabeta.

Dimayati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dri,Atmaka (2004).Tips Menjadi Guru Kreatif.Bandung:Yrama Widya.

Gay.(1987:211). Penelitian Tindakan Kelas.Metode Penelitian

Habibah, Umu. 2014. Penerapan model PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII C SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015,” Skripsi S1 FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan, IAIN Tulungagung

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayah, N, Waluyo, J, & Hariani, S.A (2015).Penerapan Pendekatan PAIKEM dengan Strategi PQ4R dalam meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar pada mata pelajaran biologi.Jurnal Pancaran.

Jauhari, Muhammad (2011).Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pemeblajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning):Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menegah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.jurnal Pendidikan.

Kemendikbud.(2017).Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.Jakarta: Pusat kurikulum

Kusumah. W dan Dwitagama,D.(2012). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Barat: Indeks

Magdalena,Citra,(2017)Penerapan Model Paikem Dalam Pembelajaran PPKn Berbasis karakter. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017.

Margono.(2013). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mas’ud, Abu. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan(Paikem).Jurnal Pendidikan.

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya

Nawawi,H(2001).Strategi Belajar Mengajar Bidang Sosial.Yogyakarta :Gadjha Mada University Press.

Rusman , (2013). Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sadiman,(2012). Media Pembelajaran. Malang : Adhitya Media Publisg

Sanjaya, W(2013). Penelitian Tindakan Kelas Cetakan 11. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri Harini D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sudjana, N .(2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sudrajat,Akhmad,M.Pd.(2008).Konsep Pakem .Jurnal Pakem

Sukmadinata, N. S. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfaberta

Tim Penyusun. (2022). Pedoman Operasional Tahun Akademik 2021/2022 Tentang Akademik Kemahasiswaan Penulisan Skripsi Dan Makalah Pontianak.

Uno,B. Hamzah. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rosda.

Zuldafrial & Lahir (2016). Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas. Sukarta. Yuma Pustaka

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

haliza, N., Firmansyah, S., & Anwar Rube’i, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI KEUANGAN LEMBAGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 36–43. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4489