GOLPUT SEBAGAI BENTUK KURANGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BERPOLITIK STUDI DI DESA PRINGGABAYA

Authors

  • Ina Septayana Universitas Mataram
  • Mohammad Mustari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4841

Keywords:

golput, partisipasi politik, masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis golongongan putih(golput) sebagai bentuk dari kurangnya partisipasi masyarakat khususnya didesa pringgabaya pada pemilihan umum (pemilu).pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif . Sumber data dari penelitian ini adalah  masyarakat setempat. teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan jenis penelitian lapangan (field research).adapun hasil  dari penelitian ini adalah (1) ketentuan hukum golongan putih(golput),  adapun kelompok golput  yang dapat dipidanakan berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu legislatif mencakup pasal 238, pasal 157, pasal 291, dan pasal 308 (2) penyebab terjadinya golongan putih(golput),faktor penyebab terjadinya golongan putih(golput) di masyarakat pringgabaya ada 4 (empat) yaitu sebagai berikut ; Pemerintah yang memberikan janji-janji palsu yang membuat masyarakat merasa kecewa dan hilang rasa kepercayaan terhadap calon-calon pemerintah , masyarakat yang sengaja tidak memberikan suaranya karena asumsinya yang mengatakan bahwa memilih atau tidaknya  ia tidak berpengaruh bagi calon-calon  pemerintah , masyarakat yang berada di rantauan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, K. M. 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Strategi Komisi Pemilihan Umum Dalam Menekan Angka Golput Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Kasus di Kpu Kota Bandar Lampung) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Strategi Komisi Pemilihan Umum Dalam Menekan Angka Golput Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 Bagi Penyandang Disabilitas (Studi Kasus di Kpu Kota Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Alfarisi, H., Aisyah, V. N., & Kom, M. I. 2022. Konstruksi Makna Golput di Kalangan Mahasiswa (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Badriyah, S. L. 2017. Dampak Golongan Putih (Golput) Dalam Pemilihan Presiden 2014 Di Wilayah Provinsi Sumatera Utara dan Solusinya Menurut Pandangan Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum Uin Sumatera Utara (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Dewi, L. Y., Sinaga, H. L. N., Pratiwi, N. A., & Widiyasono, N. 2022. Analisis Peran Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Dalam Partisipasi Politik Masyarakat di Pilkada Serta Meminimalisir Golput. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 8(1).

Fahmi, K. (2019). Pembatasan Dan Pembedaan Hak Pilih Dalam Mewujudkan Pemilihan Umum Yang Adil Dan Berintegritas (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Jinayah, J. S. Fatwa Penggunaan Hak Pilih Dalam Pemilu.

Nugroho, M. A., & Umam, K. 2021. Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Pemilihan Anggota Legislatif Perspektif Fiqh Al-Siyāsah Al-Dustūriyyah. Al-Balad: Journal Of Constitutional Law, 3(3).

Nurhidayat, A. 2009. Penomena Golput di Indonesia Pasca Orde Baru: Studi Kasus Pada Pemilu 2004.

Praptianingsih, S. 2015. Kesukarelaan Warga Dalam Politik (Political Voluntarism). In Prosiding Internasional Seminar Good Governance In The Policy Implementation Proses And Public Communication (Vol. 1, No. 1).

Purnandi, H., Tohardi, A., & Haris, B. 2013. Fenomena Golongan Putih Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pontianak Tahun 2008 di Kecamatan Pontianak Selatan. Dalam Jurnal Tesis Pmis-Untan-Psip. Tersedia Secara Online Juga di: Https://Media. Neliti. Com/Media/Publications/9440-Id-Fenomena-Golongan-Putih [diakses di Wamena, Papua, Indonesia: 10 November 2017].

Sri Kania, Y. O. N. A. 2019. Golput Dalam Pilkada Kabupaten Ciamis Tahun 2018 (Studi Kasus Masyarakat Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Subekti, T. 2014. Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum (Studi Turn Of Voter Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2013) (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).

Tampubolon, Y. 2019. Dinamika Pengaturan “Hak Pilih” Sebagai Hak Asasi Manusia Dalam Uu Pemilihan Umum di Indonesia (Studi Terhadap Uu Pemilu Sebelum dan Sesudah Putusan Mahkamah Konstiusi No. 102/Puu-Vii/2009).

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Septayana, I., & Mustari, M. (2023). GOLPUT SEBAGAI BENTUK KURANGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BERPOLITIK STUDI DI DESA PRINGGABAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 77–84. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4841