PERAN PENTING PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA

Authors

  • Shipa Amalia Saputri Universitas Sebelas Maret
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4928

Keywords:

Pancasila, Sistem Etika, Mahasiswa, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa pentingnya Pancasila sebagai sistem etika dalam membentuk karakter mahasiswa. Hubungan etika dan mahasiswa sangat erat kaitannya, karena dengan etika mahasiswa dapat mengendalikan hal-hal yang mereka lakukan yang mampu merugikan banyak orang. Mahasiswa, sebagai peserta didik adalah anggota komunitas ilmiah dan akademik yang memerlukan sistem etika komprehensif mereka sendiri sehingga mereka dapat mempengaruhi semua keputusan yang mereka buat dalam profesi ilmiah. Pancasila sebagai sistem etika adalah struktur pemikiran yang dirancang untuk memberikan pedoman atau panduan tentang perilaku dan tindakan seluruh warga negara Indonesia. Pancasila sebagai sistem etika bertujuan untuk mengembangkan dimensi moral setiap individu agar memiliki kapasitas untuk menunjukkan sikap spiritual dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini dirancang dan disusun menggunakan metode kualitatif, melakukan studi kepustakaan dengan menelaah berbagai sumber informasi dari jurnal ilmiah, buku dan artikel, serta menganalisisnya secara mendetail untuk menarik kesimpulan akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. Q., & Dewi, D. A. (2022). Sistem Etika Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11120-11125.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021, June). Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang..”

Bahrudin, F. A. (2020). Peran Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Sebagai Mata Kuliah Wajib Umum dalam Mengembangkan Kepribadian Mahasiswa yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 3(1), 49-66.

Budiywono, E. (2015). Kontribusi Mata Kuliah Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 6(2), 111-125.

Fadhila, H. I. N., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai- nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.

Lubis, D. A., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5). –

Najicha, F. U., & SH, M. (2022). Aku Generasi Unggul Masa Depan, Generasi Muda Harapan Bangsa. Artikel dalam https://www. academia. edu/39981475/Aku_Generasi_Unggul_Masa_Depan_Generasi_Perubahan_Oleh_Fatma_Ulfatun_Najicha. Diakses Tanggal, 18.

Prasetio, T. A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Pendidikan Pancasila pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8638-8643.”.

Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3).

Wibowo, K. A., & Najicha, F. U. (2022). Aktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 22-31.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Saputri, S. A., & Najicha, F. U. (2023). PERAN PENTING PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.4928