STRATEGI PELAYANAN PUBLIK VIA WEBSITE E-HIBAH BANSOS SEBAGAI PERWUJUDAN SMART CITY DI KOTA CILEGON

Authors

  • Lusi rosilawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ronni Juwandi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6020

Keywords:

Pelayanan Publik, Website E-Hibah Bansos, Smart City

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana startegi pelayanan publik Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik Kota Cilegon, melalui pelayanan publik sebagai perwujudan smart city, untuk mengetahui sinergitas dan respon masyarakat pengguna Website E-Hibah Bansos, serta untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan E-Hibah Bansos terutama pada Diskominfo sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan dalam bidang teknologi dalam menjalankan layanan publik. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pegumpulan data menggunakan teknik observasi, menyusun hasil wawancara, serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu Diskominfo Kota Cilegon dan Masyarakat Kota Cilegon. Strategi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik pertama bekerjasama dengan Dinas-Dinas yang ada di Kota Cilegon, kedua dengan  melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja pada opd-opd yang berkaitan dengan hibah bansos, ketiga yaitu memberikan pengenalan Website E-Hibah Bansos kepada masyarakat Kota Cilegon. mayoritas pendudukt Kota Cilegon sangat support dan setuju dengan adanya layanan Website E-Hibah Bansos. Keberhasilan Website E-Hibah bansos hal ini bisa dilihat dari layanan Website E-Hibah Bansos yang terintegrasi, keterampilan dan pengetahuan masyrakat yang memadai dan komunitas yang saling terhubung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jamaluddin. (2015). Metode Penelitian Administrasi Publik Teori & Aplikasi. Edisi 1. Yogyakarta : Peerbit Gava Media.

Davidjowinoto, Riant, Nugroho. (2004). Kebijakan Publik Formulasi, Implmentasi, Dan Evaluasi. Edisi 2. Jakarta: PT. Gramedia

Daviyanto, Agus. (2017). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Edisi 4. Yogyakarta: UGM Press

Makarom, Zaenal Dan Laksana, Muhibudin, Wijaya. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Edisi 1. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. i

Mustafa, Abdul, Talib. (2017). Kemitraan Dalam Pelayanan Publik. Edisi 2. Yogyakarta: CALPULIS

Purwanto, Erwan Agus, Dan Sulistyastuti, Dyah, Ratih,. (2015). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep Dan Aplikasi Di Indonesia. Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sanabela, Lijan, Poltak, Dkk. (2011). Reformasi Pelayanan Publik Tori,Kebijakan, Dan Implemetasi. Cetakan 5. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edisi 26. Bandung: ALFABETA.

Sumanjoyo, Simon, Hutagalung Dan Hermawan , Dedy. ( 2018). Memabangun Inovasi Pemerintah Daerah. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

JURNAL

Ahmad, M,Yahya, ( 2016), Pengaruh Karakteristik Inovasi Pertanian Terhadap Keputusan Adopsi Usaha Tani Sayuran Organik, Journal Of Agroscience, Vol.6, Hal 5.

Gani, Ferdi. ( 2014), Respon Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Knator Kecamatan Pinogaluman, Jurnal Ad’ministore, Vol 1, Halaman 63.

Gunawan, Hendri. ( 20018). Landasan Hukum Dan Implemetasi Teknologi Menuju Serang Madani Berbasis Smart City, Jurnal Studi Ilmu Hukum Pasca Sarjana Untirta. Vol 3, Halaman 28.

Hasibuan, Abdulrrozak, & Sulaiman, Oris, Krianto,. ( 2019), Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Altenatif Peyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/ Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatea Utara, Jurnal Buletin Utama Teknik, Vol.14, Hal 130.

Juwandi,Roni,. (2016), Efektivitas Badan Pelayanan Perijinan Tepadu Kota Bandung Dalam Rangka Reformasi Birokrasi, Untirta Civic Education Journal, Vol. 1, Hal 163.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

rosilawati, L., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2023). STRATEGI PELAYANAN PUBLIK VIA WEBSITE E-HIBAH BANSOS SEBAGAI PERWUJUDAN SMART CITY DI KOTA CILEGON. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6020