IMPLEMENTASI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA UNTUK PENGUATAN TOLERANSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG

Authors

  • sumarni sumarni IKIP PGRI Pontianak
  • Idham Azwar IKIP PGRI Pontianak
  • Yuliananingsih Yuliananingsih IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6304

Keywords:

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, toleransi.

Abstract

Implementasi Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Untuk Penguatan Toleransi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Terdapat pula subjek penelitian diantaranya Kepala sekolah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, guru agama dan siswa kelas VII SMP di Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang. Alat penggumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan panduan observasi, panduan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data berupa teknik reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Program Penguatan Toleransi Siswa Melalui Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dapat dilihat dari siswa yang melakukan doa sebelum dan sesudah pembelajaran dan perayaan hari besar keagamaan. Perencanaan penguatan nilai toleransi pada siswa yaitu menaati peraturan sekolah, saling membantu, dan menghindari perundungan. Dampak implementasi sila ketuhanan yang maha esa untuk penguatan toleransi siswa yaitu saling menghargai dan menghormati, karakter disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al- Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Abu bakar, (2015) Toleransi Pancasila, Hak-Hak Individu Dan Kepentingan Komunal: Menimbang Perspektif Kaum Muda Muslim Milineal. JURNAL MAJELIS, 1.

Casram, C. (2016). Membangun sikap toleransi beragama dalam masyarakat plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187-198.

Darmadi,H (2017) Eksistensi Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1954 Sebagai Pemersatu Bangsa. Bandung: Alfabeta.

Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 675-680.

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94-104.

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1-14.

Sudaryono, Margono. G & Wardani. R. (2013) Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Cross-border, 5(1), 782-791.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

sumarni, sumarni, Azwar, I., & Yuliananingsih, Y. (2023). IMPLEMENTASI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA UNTUK PENGUATAN TOLERANSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 142–149. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6304