PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Abdul Malik Fajar Fanjalu Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6324

Keywords:

Design Thinking, Kreatifitas, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tentang seberapa keberhasilan penerapan metode design thinking untuk mengatasi masalah kejenuhan maupun kebosanan siswa serta meningkatkan kreatifitas siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan metode pelaksanaan pembelajaran selama 3 siklus, yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diketemukan bahwa dengan menerapkan metode design thinking ke dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah sangat baik apabila dikolaborasikan, sehingga hal ini dapat membuat siswa tetap aktif selama melaksanakan kegiatan pembelajaran berlangsung, sekaligus hal ini dapat membantu siswa dalam menumbuhkembangkan cara berpikir kreatif dan inofatifnya melalui kegiatan yang dilakukannya selama mengikuti aktifitas belajar di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, I. 2021. Lampung. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin (Online). 7 ( 10) : 247-264, (https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/download/82/64)

Azhari, I. 2023. Yogyakarta. Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya. Dari Repository Universitas Ahmad Dahlan, (Online), (https://eprints.uad.ac.id/39829/)

Mukhtaromin & Widyaiswara. Pontianak. Mengenal Design Thinking. Dari Balai Diklat Keuangan Pontianan, (Online), (https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Online), (https://sumsel.bpk.go.id/files/2009/10/PERATU22.PDF)

Sunarto. 2018. Pengembangan Kreatifitas Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika. (Online). 8 (2): 108-113, (https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/2348/1347).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online), (https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6)

Wijayanto, A M. Triayudi, A & Rubhasy, A. 2021. Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. (Online). 6 (2): 267-276, (https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/download/2026/1028)

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Fanjalu, A. M. F. (2023). PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 150–157. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6324