Analisis Sikap Nasionalisme Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Ruang 1 FKIP UNJA Angkatan 2020 di Era Globalisasi 4.0

Authors

  • Muhammad Madanil Ilmi Universitas Jambi
  • M Salam Universitas Jambi
  • Tohap Pandapotan Simaremare Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6373

Keywords:

Sikap Nasionalisme, Mahasiswa, Pendidikan Bahasa Inggris, Globalisasi

Abstract

Sikap nasionalisme adalah suatu paham suatu individu ataupun kelompok untuk mencintai suatu bangsa dan tanah air karena memiliki nasib dan tanggungan yang sama. Sikap nasionalisme dalam ruang lingkup yang sempit dapat diartikan suatu rasa kecintaan kepada bangsa serta tanah air sampai akhirnya ia menganggap bangsanya adalah bangsa terbaik dan tidak ada bangsa lain yang lebih baik daripada bangsanya. Sikap nasionalisme dalam artian luas ialah suatu wujud bentuk rasa cinta terhadap tanah air tanpa merendahkan bangsa-bangsa lainnya. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sikap nasionalisme, khususnya pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahsa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Angkatan 2020. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur. Sumber data penelitian terdiri dari, sumber primer dan sekunder. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris berada pada kategori yang buruk dimana mahasiswa/I masih kurang memiliki sikap bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, rela berkorban demi bangsa, menerima kemajemukan, bangga pada budaya yang beragam, menghargai jasa pahlawan, serta mengutamakan kepentingan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. (2015). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah (2018th ed.). Yogyakarta: Ombak.

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis

Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V Sd Tema Bangga Sebagai

Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD),

(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902

Mulyana, F. R. (2018). KETERAMPILAN STUT PADA SENAM LANTAI Fegie Rizkia

Mulyana Universitas Siliwangi THE RELATIONSHIP OF HIP FLEXIBILITY AND

ARM MUSCLE POWER WITH Fegie Rizkia Mulyana Siliwangi University. 2(1), 1–8.

Nada, S., Ekaprasetya, A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menumbuhkan Jiwa

Nasionalisme Generasi Millenial di Era Globalisasi melalui Pancasila. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(3), 7853–7858.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2256

Retnasari, L., Hidayah, Y., Dahlan, U. A., & Indonesia, Y. (2020). Era Globalisasi Melalui

Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Basicedu, 4(1), 79–88.

Simaremare, T. P., Taufika, R., & Usmanto, H. (2022). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa

dengan Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) pada Mata Kuliah

Kewarganegaraan. Jurnal Basicedu, 6(3), 4144–4153.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Ilmi, M. M., Salam, M., & Simaremare, T. P. (2023). Analisis Sikap Nasionalisme Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Ruang 1 FKIP UNJA Angkatan 2020 di Era Globalisasi 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 158–165. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6373