PRAKTIK BAIK DEMOKRASI BERKARAKTER MELALUI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA GADJAH MADA KOTA MEDAN

Authors

  • jamaludin jamaludin universitas negeri medan
  • Arief Wahyudi universitas negeri medan
  • Dewi Pika Lumban Batu universitas negeri medan
  • Oksari A Sihaloho universitas negeri medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6389

Keywords:

Merdeka Belajar, Pancasila Stundent Profile, Good Democratic Practices

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik demokrasi yang positif dalam menerapkan profil pelajar Pancasila. Program kurikulum "Merdeka Belajar" melibatkan enam indikator dalam memperkuat pembelajaran yang lebih fokus pada nilai-nilai, sikap, dan perilaku. Indikator tersebut mencakup keyakinan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap yang luhur; kemandirian; semangat gotong royong; penerimaan terhadap keberagaman global; kemampuan berpikir kritis; dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dan partisipan berperan sebagai sumber data, dan studi literatur juga digunakan untuk memperkuat hasil dan kesimpulan melalui triangulasi data. SMA Gadjah Mada berupaya menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan mengembangkan karakter pelajar Pancasila melalui kurikulum merdeka belajar dan projek profil pelajar Pancasila. Praktik demokrasi berkarakter terlihat dalam berbagai aspek kehidupan di sekolah, termasuk dalam kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pengambilan keputusan bersama. Meskipun terdapat kendala dalam penyesuaian kurikulum merdeka secara utuh namun sekolah tetap berkomitmen untuk memberikan pembinaan dan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi mereka secara holistic secara optimal dalam capaian profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia; mandiri; gotong royong; berkebhinekaan global; berpikir kritis;dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulawi, Anton, and Srinawati Srinawati. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon.” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik 2 (1): 38–50. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489.

Ayun, Afa Fachrunta. 2016. “Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas IV A SD Negeri I Jampiroso Temanggung.” Basic Education 5 (26): 2–461.

Creswell, John W. 2013. “Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatiif, Kuantitatif, Dan Mixed,” 1–308. file:///C:/Users/Hp/Documents/buku creswell.pdf.

Davis, Jane Furr. 1988. “On Matching Teaching Approach with Student Learning Style: Are We Asking the Right Question?.”

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Jamaludin, Jamaludin. 2020. “Membangun Nalar Pengetahuan Warga Negara Melalui Buku Digital Dikalangan Mahasiswa.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 3 (2): 769–76. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.296.

———. 2022. “Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Penguatan Karakter.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4 (4): 2519–24.

Jamaludin, Jamaludin, Sunarto Amus, and Hasdin Hasdin. 2022. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (3): 698–709.

Jamaludin, Jamaludin, Diah Puji Nali Brata, Dinar Sugiana Fitrayadi, Sardjana Orba Manullang, Salamun Salamun, Nurul Fadilah, Windawati Pinem, Syafrizal Syafrizal, and Moad Moad. 2021. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yayasan Kita Menulis.

Junaidi, and Hodriani. 2023. “Implementasi Desain Pembelajaran Ppkn Berbasis Ict Pada Post Pandemic” 10 (01): 23–32.

Lesilolo, Herly Janet. 2020. “PROSES PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DI SEKOLAH (STUDI DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA).” TANGKOLEH PUTAI 17 (2): 122–42.

Lickona, Thomas. 2009. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam.

Naibaho, Junaidi, and Hodriani Sitompul. 2023. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA (STUDI KASUS MASA PANDEMI COVID-19).” Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ) 2 (1): 1–7. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx.

Noor, Rohinah M. 2012. “The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.” Yogyakarta: Insan Madani.

Yuhasnil, Yuhasnil, and Yandi Agusmardi. 2021. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Studi Kasus Pada Siswa Yang Bermasalah.” IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education 1 (2): 58–68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387.

Zaini, A Helmy Faishal. 2013. Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Islami. Gunung Djati Press.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

jamaludin, jamaludin, Wahyudi, A., Lumban Batu, D. P., & Sihaloho, O. A. (2023). PRAKTIK BAIK DEMOKRASI BERKARAKTER MELALUI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA GADJAH MADA KOTA MEDAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 166–177. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6389