NILAI TOLONG MENOLONG DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL

Authors

  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Malang
  • Tengku Indra Kusuma Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6638

Keywords:

Nilai Tolong Menolong, Ilmu Hadits Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan kedudukan hadits tentang Nilai Tolong Menolong yang diriwayatkan oleh Bukhari. Kualitas hadits dimaksud ditinjau dari aspek sanad maupun matan, sehingga akan diperoleh penjelasan apakah hadits tersebut berstatus shaheh atau dhoif. Urgensi matan hadits ini ditunjukkan dengan besarnya keutamaan orang  mempunyai anak wanita lalu dia mendidik dan mengasuh mereka dengan baik. Nabi shallallahu alaihi wasallam menjamin kedekatan orang itu dengan diri beliau dan beliau mengabarkan bahwa anak- anak perempuan tersebut bisa menjadi syafaat  akan melindungi mereka dari api neraka. Metode  digunakan dalam penelitian hadits ini adalah kualitatif dengan menerapkan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menghimpun sumber kepustakaan baik primer maupun sekunder. Menurut strukturnya, penelitian ini akan tertuju kepada dua unsur yaitu Penelitian Sanad dan Penelitian Matan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa hadits riwayat Bukhari Nomor 1329 tergolong ke dalam golongan hadits shahih baik dari segi sanad maupun matan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Supriadi Supriadi, Universitas Islam Malang

Mahasiswa Doktoral Program Studi Pendidikan Islam Multikultural Pascasarjana, Universitas Islam Malang

Tengku Indra Kusuma, Universitas Islam Malang

Mahasiswa Doktoral Program Studi Pendidikan Islam Multikultural Pascasarjana, Universitas Islam Malang

References

Ahmad ibn Hanbal, (2001), al-Musnad, t.k: Mu’assasah al-Risalah, Cairo:Muassanah Ar Risalah.

Bustamin M. Isa, (2004), Metodologi Kritik Hadis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

M. Quraish Shihab, ( 2002) Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati

M. Syuhudi Ismail, (2007), Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang

Mohamad S. Rahman, (2010) Kajian Matan Dan Sanad Hadits Dalam Metode Historis. Jurnal Al-Syir'ah, Vol 8, No. 2 Desember 2010.

Muḥammad al-Gazāliy, (1987), Fiqh al-Sῑrah , Kairo: Dār al-Bayān li al-Turāṡ

Muhammad Gibran Ichsani, Nan Rahminawati, Khambali, (2023), Implikasi Pendidikan yang terdapat dalam Surat At-Taubah ayat 71 terhadap Pendidikan Sosial; Jurnal Bandung Conference Series: Islamic Education Vol. 3 No. 2 (2023)

Muhammad Jamaluddin al Qasimi, (1979), Qawaid al-Tahdis Min Funun Musthalah al-hadis, Baerut: Dar Ilmiyah)

Mukhlis Mukhtar, (2021) Kepedulian Sosial Dalam Perspektif Hadis; Jurnal Ushuluddin Vol. 23 No.1 (2021)

Shahifah Arisa Octavia, (2023) Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Bagi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam : Jurnal Off Conferehensive Sciense Vol. 2 No. 5 (2023)

Solihin, (2016), Penelitian Hadis (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi) Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis Vol. 1, No.1 (2016) : 61-68

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Supriadi, S., & Kusuma, T. I. (2023). NILAI TOLONG MENOLONG DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 247–258. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.6638