Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan <p><strong><em>Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (JPKN), </em></strong><span>ISSN </span><strong><em><a href="http://u.lipi.go.id/1432365925" target="_blank">2337-8891</a>,<span> </span></em></strong>e-ISSN<em></em><strong><em><span> </span><a href="http://u.lipi.go.id/1432365925" target="_blank">2598-9510</a></em></strong> <span>is an official publication of the <em>Study Prgram PPKN IPPS Faculty IKIP PGRI Pontianak </em><span>is an National open access refereed journal that has been published online since 2017. <em><strong>JPKN </strong></em>is a collection of research results about education, citizenship, politics, human rights, strategies and learning methods of Citizenship Education. This Journal </span></span>has accredited <span style="text-decoration: underline;"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=8026" target="_blank"><em><strong>SINTA 4</strong></em></a></span> based on Decree of the Director General of Higher Education, Research, and Technology Number 158/E/KPT/2021, was issued on 9 Desember 2021. <em><strong>JPKN</strong></em> will be published two times a year in the following months: June and December. </p> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p><p>Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.</p><p>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.</p><p>Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by <strong><em>Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan</em></strong> prior to the publication.</p> anwarptk87@gmail.com (Muhammad Anwar Rube'i) putrikhanz96@yahoo.co.id (Fetty Novianty) Mon, 11 Dec 2023 14:27:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pentingnya Pemahaman Wawasan Nusantara Bagi Generasi Z untuk Membangun Nasionalisme https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4511 Penelitian ini dibuat untuk menjelaskan bagaimana pentingnya pemahaman nusantara pada Generasi Z untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di tengah era globalisasi. Di era modern dan berkembang pesatnya teknologi memudahkan penyebaran berbagai informasi dari seluruh dunia. Globalisasi mempengaruhi pola pikir dan hidup generasi muda bahkan dapat mempengaruhi rasa nasionalisme mereka. Wawasan nusantara hadir sebagai suatu konsep yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dan diwujudkan dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu. Penelitian ini dirancang dan disusun menggunakan metode penelitian kualitatif di mana pengumpulan data menggunakan dokumentasi artikel dan jurnal-jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas, serta pemaparan isi materi menggunakan deskripsi penjelas. Shipa Amalia Saputri, Fatma Ulfatun Najicha Copyright (c) 2023 Shipa Amalia Saputri https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4511 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PERAN PENTING PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4928 Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa pentingnya Pancasila sebagai sistem etika dalam membentuk karakter mahasiswa. Hubungan etika dan mahasiswa sangat erat kaitannya, karena dengan etika mahasiswa dapat mengendalikan hal-hal yang mereka lakukan yang mampu merugikan banyak orang. Mahasiswa, sebagai peserta didik adalah anggota komunitas ilmiah dan akademik yang memerlukan sistem etika komprehensif mereka sendiri sehingga mereka dapat mempengaruhi semua keputusan yang mereka buat dalam profesi ilmiah. Pancasila sebagai sistem etika adalah struktur pemikiran yang dirancang untuk memberikan pedoman atau panduan tentang perilaku dan tindakan seluruh warga negara Indonesia. Pancasila sebagai sistem etika bertujuan untuk mengembangkan dimensi moral setiap individu agar memiliki kapasitas untuk menunjukkan sikap spiritual dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini dirancang dan disusun menggunakan metode kualitatif, melakukan studi kepustakaan dengan menelaah berbagai sumber informasi dari jurnal ilmiah, buku dan artikel, serta menganalisisnya secara mendetail untuk menarik kesimpulan akhir. Shipa Amalia Saputri, Fatma Ulfatun Najicha Copyright (c) 2023 Shipa Amalia Saputri https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4928 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 NILAI TOLONG MENOLONG DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6638 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan kedudukan hadits tentang Nilai Tolong Menolong yang diriwayatkan oleh Bukhari. Kualitas hadits dimaksud ditinjau dari aspek sanad maupun matan, sehingga akan diperoleh penjelasan apakah hadits tersebut berstatus shaheh atau dhoif. Urgensi matan hadits ini ditunjukkan dengan besarnya keutamaan orang mempunyai anak wanita lalu dia mendidik dan mengasuh mereka dengan baik. Nabi shallallahu alaihi wasallam menjamin kedekatan orang itu dengan diri beliau dan beliau mengabarkan bahwa anak- anak perempuan tersebut bisa menjadi syafaat akan melindungi mereka dari api neraka. Metode digunakan dalam penelitian hadits ini adalah kualitatif dengan menerapkan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menghimpun sumber kepustakaan baik primer maupun sekunder. Menurut strukturnya, penelitian ini akan tertuju kepada dua unsur yaitu Penelitian Sanad dan Penelitian Matan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa hadits riwayat Bukhari Nomor 1329 tergolong ke dalam golongan hadits shahih baik dari segi sanad maupun matan. Supriadi Supriadi, Tengku Indra Kusuma Copyright (c) 2024 Supriadi Supriadi, Tengku Indra Kusuma https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6638 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 KRITERIA ORANG CERDAS MENURUT RASULULLAH. SAW: STUDI HADITS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6639 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas dan kandungan hadits tentang kriteria orang yang cerdas menurut Rasulullah SAW dengan meneliti sanad, matan dan rawi hadits secara parsial. Analisa data yang berhubungan dengan <em>kethiqahan</em> para periwayat dalam sanad hadits yang diteliti, selanjutnya data-data persambungan sanadnya serta matan riwayat Sufyan Bin Waqi’ yang ditakhrij oleh at-Tirmidzi, disimpulkan bahwa semua periwayat yang ada dalam sanad berjumlah 9 orang (5 orang berkulaitas <em>Thiqah</em> (terpercaya), 3 orang periwayat berkualitas <em>dhoif</em> (lemah) dan 1 orang tidak ada komentar dari para ulama hadits). Semua periwayat bertemu dengan periwayat lainnya yang berstatus sebagai gurunya, dengan demikian sanadnya <em>muttasil</em> (bersambung). Matan hadits tersebut ternyata tidak ada <em>shadh</em> (cacat/tercela), artinya tidak bertentangan dengan dalil naqli mapun dalil aqli, dengan demikian hadits Riwayat Tirmidzi nomor hadits 2383 tentang orang yang cerdas menurut para ulama ahli hadits dinyatakan kualitasnya hasan. Metode penelitian hadits ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menghimpun berbagai sumber kepustakaan berupa kitab hadits Shahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Titmidzi dan Musnad Imam Ahmad. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa hadits riwayat Tirmidzi Nomor 2383 tentang kriteria orang cerdas menurut Rasulullah. Saw tergolong ke dalam golongan hadits hasan, baik dari segi sanad maupun matannya.<strong></strong></p> Ali Aspar, Sudirmansyah Sudirmansyah Copyright (c) 2024 Ali Aspar, Sudirmansyah Sudirmansyah https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6639 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 cover jurnal JPKn Voleme 7 Nomor 2 Desember 2023 https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6623 Moad Moad Copyright (c) 2023 Moad Moad https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6623 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN SIANTAN HULU PONTIANAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/3150 <p align="center"><strong>Abstrak</strong></p><p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembinaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, Kegiatan Keagamaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, dan Upaya Pengembangan Karakter Religius Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk survey. Sampel yang digunakan adalah 30 remaja yang beragama islam dengan menggunakan teknik observasi, wawancara tidak langsung,dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan remaja masjid dengan angka persentase 80.17%, kegiatan keagamaan remaja masjid dengan angka persentase 80.33%, dan upaya pengembangan karakter religius dengan angka persentase 81.33% menunjukkan peran remaja masjid nurul iman di kelurahan siantan hulu dalam mengembangkan karakter religius melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di masjid sebagai pusat aktivitas remaja dalam membentuk jati diri dengan adanya pembinaan remaja dalam memakmurkan masjid serta mengarahkan generasi muda islam.<strong></strong></p> Lila Tusakdia, Hadi Rianto Copyright (c) 2022 lila lila lila https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/3150 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/3387 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1). Bagaimanakah perencanaan penerapan Model <em>Problem Based Learning</em> untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 2). Bagaimanakah pelaksanaan model <em>Problem Based Learning</em> untuk meningkatkan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?, 3). Apakah terdapat peningkatan kemampuan sikap demokratis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah diterapkan model <em>Problem Based Learning</em> dikelas XI SMA Negeri 1 Samalantan ?. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Sma Negeri 1 Samalanatan. Alat pengumpulan data menggunakan paduan observasi,skala sikap dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>sudah dapat meningkatkan sikap demokratis pada siswa dengan menjadikan pembelajaran yang aktif sehingga menimbulkan sikap terbuka, berani mengemukakan pendapat,saling menghargai, serta berkerjasama dalam individu maupun kelompok. Sam Randa Franista, Hemafitria Hemafitria, Rohani Rohani Copyright (c) 2023 Sam Randa Franista, Hemafitria Hemafitria, Rohani Rohani https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/3387 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4019 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 2) Faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 3) Hambatan apa saja yang dialami guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negtaif siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik documenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai komunikator, peran sebagai model dan agen moral. Mengenai faktor penyebab terjadinya perilaku negatif siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal, kemudian hambatan yang dialami guru dalam menanggulangi perilaku negatif siswa yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai akibat kenakalan yang dilakukan, pergaulan peserta didik dengan teman yang nakal dan kurangnya pengawasan serta perhatian orang tua. Fety Novianty, Erna Octavia, Uray Andriani Copyright (c) 2022 uray andriani https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4019 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI KEUANGAN LEMBAGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOPERASI PONTIANAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4489 <p>penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X AKL SMK Koperasi Pontianak. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIKEM GEMBROT SMK Koperasi Pontianak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas X AKL SMK yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi,observasi, dan penliaian kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran PPKn dikleas X AKL SMK Koperasi Pontianak pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 65.68 %. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 13 orang yang tuntas dengan ketuntasaan klasikal 70 %. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83.85% dari 20 orang siswa terdapat 19 orang siswa tuntas dengan ketuntasaan klasikal 95 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas X SMK AKL Koperasi Pontianak.</p> Nur haliza, Syarif Firmansyah, Muhammad Anwar Rube'i Copyright (c) 2023 Nur haliza https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4489 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA SEBAGAI PEMILIH PEMULA DI KOTA SINGKAWANG https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4673 <p>Siswa sebagai warga negara Indonesia yang dikategorikan sebagai pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti kegiatan politik. Melalui pendidikan politik, siswa dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuannya dalam berpartisipasi politik baik di sekolah maupun dalam pemilihan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan teknik penelitian angket/<em>google form</em>, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, pada siswa SMA/SMK/MA se-Kota Singkawang. Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu siswa sebagai pemilih pemula perlu memahami pentingnya pendidikan politik dan juga mendukung kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan politik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan politik terhadap siswa di sekolah, dilaksanakan melalui mata pelajaran PPKn, kegiatan OSIS, kegiatan Pramuka, dan melalui sosialisasi pemilu yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang. Siswa yang memperoleh pendidikan tersebut, partisipasi politiknya menjadi meningkat ditandai dengan dengan kemampuan siswa berpendapat didalam kelas, dan kesadaran siswa berpartisipasi dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Pramuka, dan ikut aktif dalam Organisasi lainnya yang ada di sekolah. Partisipasi politik siswa juga terlihat dari kesiapan mereka yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula, untuk ikut serta dalam pemilihan umum tahun 2024. </p><p> </p> Sitti Uswatun Hasanah, Sulha Sulha Copyright (c) 2023 Sitti Uswatun Hasanah, Sulha https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4673 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PERAN PENYELENGGARA PENDIDIKAN DALAM MENCEGAH PELECEHAN SEKSUAL: STUDI DI UNIVERSITAS MATARAM https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4823 <p>Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, termaksud di kampus. Fenomena terjadinya pelecehan seksual di lingkungan kampus bukanlah merupakan hal yang baru. Pelecehan ini kerap kali dilakukan oleh para oknum dari kalangan terpelajar, baik sesama mahasiswa, staff dan karyawan universitas, maupun para tenaga pendidik dan itu juga berpengaruh terhadap penjalanan birokrasi kampus yang sampai hari ini belum membuat satgas pelecehan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyelenggara pendidikan terhadap pelecehan seksual Universitas Mataram. Jenis penelitian ini termaksud jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif yang dikembangkan Miles, Puberman, dan Saldana yang mencakup tiga tahapan yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya upaya kebijakan rektor dalam mencegah pelecehan seksual yang merupakan penyelenggara pendidikan.</p><p> </p><p> </p> Oktavia Putri Aulia, Lalu Sumardi Copyright (c) 2023 Oktavia Putri Aulia https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4823 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI ERA DIGITAL STUDY DI DESA PRINGGABAYA LOTIM https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4824 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola interaksi sosial masyarakat di era digital di desa pringgabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah masyarakat di desa pringgabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik observasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk interaksi sosial masyarakat diera digital di desa pringgabaya ada dua yaitu menggunakan media sosial atau secara tidak langsung dan tatap muka atau secara langsung (2) dampak positif dan dampak negatif berkomunikasi secara tidak langsung. Adapun dampak negatifnya yaitu; timbulnya rasa saling tidak menyukai atau persaingan antar masyarakat , menimbulkan banyak konflik ,serta menyebabkan renggangnya hubungan antar sesama masyarakat.dampak positifnya yaitu; menghemat waktu, jangkaun komunikasi lebih luas, dan mempercepat penyebaran informasi (3) dampak positif dan dampak negatif berkomunikasi secara langsung ,adapun dampak negatifnya adalah; kurang update dalam informasi atau kejadian terkini, tidak dapat. Ina Septayana, Lalu Sumardi Copyright (c) 2023 Ina Septayana https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4824 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 GOLPUT SEBAGAI BENTUK KURANGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BERPOLITIK STUDI DI DESA PRINGGABAYA https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4841 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis golongongan putih(golput) sebagai bentuk dari kurangnya partisipasi masyarakat khususnya didesa pringgabaya pada pemilihan umum (pemilu).pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif . Sumber data dari penelitian ini adalah masyarakat setempat. teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan jenis penelitian lapangan (field research).adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) ketentuan hukum golongan putih(golput), adapun kelompok golput yang dapat dipidanakan berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu legislatif mencakup pasal 238, pasal 157, pasal 291, dan pasal 308 (2) penyebab terjadinya golongan putih(golput),faktor penyebab terjadinya golongan putih(golput) di masyarakat pringgabaya ada 4 (empat) yaitu sebagai berikut ; Pemerintah yang memberikan janji-janji palsu yang membuat masyarakat merasa kecewa dan hilang rasa kepercayaan terhadap calon-calon pemerintah , masyarakat yang sengaja tidak memberikan suaranya karena asumsinya yang mengatakan bahwa memilih atau tidaknya ia tidak berpengaruh bagi calon-calon pemerintah , masyarakat yang berada di rantauan Ina Septayana, Mohammad Mustari Copyright (c) 2023 Ina Septayana https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4841 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 KARAKTER DISIPLIN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANWGARAAN UNIVERSITAS MATARAM https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4853 <p>Saat ini banyak sekali kita melihat mahasiswa yang sering kali mengalami keterlambatan pada saat proses pembelajaran yang berlangsung ada saat perkuliahan. Hal ini tentunya disebabkan berbagai macam faktor seperti jarak rumah dari kampus terlalu jauh, kurang menghargai waktu, adanya urusan organisasi maupun karena ada hal yang lainnya. Tujuan penelitian ini juga melihat dampak dari keterlambatan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mahasiswa program studi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Sumber data yang diambil dari mahasiswa pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan khususnya di kelas 3A. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode intereaktif yang dikembangkan Mules, Huberman, dan Saldana yang mencakup tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswi dan mahasiswa kelas 3A dengan jumlah mahasiswa 33 orang, dengan jumlah laki-laki 7 orang dan perempuan 26 orang. Pada penelitian ini terdapat juga cara penanggulangan keterlambatan mahasiswa dan mahasiswi tersebut diantaranya kesadaran dari diri mahasiswa, mempertegas dan menyepakati peraturan kelas yang ada.<strong></strong></p> Tri Saputri, Lalu Sumardi Copyright (c) 2023 Tri Saputri https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/4853 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 DESAIN DAN OPTIMASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANTI KORUPSI UNTUK MENUNJANG PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MUDA https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5204 <em><span lang="IN">Anti-corruption education is an action to control and reduce corruption in the form of a whole effort to encourage future generations to develop an attitude of resolute rejection of every form of corruption. With the existence of anti-corruption education, it is hoped that it will be able to demonstrate Pancasila morals. In learning about anti-corruption education can use an interactive media. Therefore it is necessary to design anti-corruption learning media. The media can help elementary school children to understand more about anti-corruption. The results of the game test on 30 elementary school students, it can be seen that 84% of respondents thought that the game application could run very well, 92% of respondents thought that the language used in the application was very good, 88% of respondents thought the use of images in the game supported material, 88% of respondents think that the game exercises are in accordance with the material, 76% of respondents think that the appearance of the game is very interesting</span><span>.</span></em> abdul haris subarjo, Nurcahyani Dewi Retnowati Copyright (c) 2023 abdul haris subarjo, Nurcahyani Dewi Retnowati https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5204 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 2 WARU https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5443 <p>This study aims to determine the effect of the discovery learning model on student learning outcomes in Pancasila and Citizenship Education subjects. One Group Pretest-Postest research design. In this study using a type of quantitative research. In this study, 20 students were involved as respondents. Students were selected by sampling technique using saturated sampling because according to researchers the population size was too small so it was used as a whole. In this study a test was used through the SPSS 25 program as a statistical data processing tool. In this study it was found that 1) there was an influence of the discovery learning model on the Civics learning outcomes of fourth grade students at SD Muhammadiyah 2 Waru. 2) the magnitude of the influence of the discovery learning learning model on the learning outcomes of cognitive aspects of students in the Civics Education class IV SD Muhammadiyah 2 Waru.</p> Sofi Eka Yulianti, Machful Indra K Copyright (c) 2023 sofi eka yulianti https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5443 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5485 <p>Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan materi Berkarakter<br />Nasionalisme pada mata pelajaran PPKn dikelas IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Raya. Pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian bahwa penerapan rancangan pelaksanaan pembelajaran berkarakter nasionalisme pada pelajaran PPKn dikelas XI IPA 1 dilakukan melalui pembelajaran oleh guru dengan menjelaskan materi yang berkaitan dengan nilai berkarakter nasionalisme. Belajar mengajar dilakukan guru seperti mengucapkan salam saat masuk keruang kelas mengecek kerapian siswa, <br />membersihkan sampah dalam laci siswa, absen kehadiran siswa, berdoa sebelum memulai pelajaran, guru membahas materi sebelumnya dan menyampaikan materi yang akan dipelajari. Nilai yang terdapat pada indikator yaitu bangga sebagai bangsa Indonesia, Cinta Tanah air, Menerima Kemajemukan, peduli social. Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Karakter Nasionalisme.</p> Dewi Dewi, Bistari Bistari, Shilmy Purnama Copyright (c) 2023 Dewi Dewi https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5485 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 STUDI ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2022 DI KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN LEBAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5936 <p>kepala desa serentak tahun 2022 di Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut : 1) Partisipasi Politik Masyarakat Desa di Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak dapat dianggap cukup bagus kecuali di Desa Kadu Agung Tengah yang dibuktikan dengan tingkat partisipasi politik pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 diatas 85% kecuali Desa Kadu Agung Tengah. 2) Tingginya Partisipasi Politik Masyarakat Desa di empat Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2022 di Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak dipengaruhi oleh faktor pemberian paket sembako dan janji kemudahan akses bantuan serta program pemerintah bagi masyarakat yang mendukung kepala desa terpilih. 3) Rendahnya angka partisipasi masyarakat Desa Kadu Agung Tengah adalah kurangnya kesadaran politik yang ditunjukkan masyarakat desa Kadu Agung Tengah dan lebih memilih tetap bekerja pada hari pencoblosan.</p> Neneng Anjarwati, Ronni Juwandi, Ratna Sari Dewi Copyright (c) 2023 Neneng Anjarwati https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5936 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBENTUK NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN PPKn PADA ANAK AUTISME DI SMA LUAR BIASA BINA ANAK BANGSA PONTIANAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5956 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran, hambatan dan <div>solusi serta dampak dari strategi pembelajaran dalam membentuk nasionalisme </div><div>melalui pembelajaran ppkn pada anak autisme di SMA LB Bina Anak Bangsa </div><div>Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan </div><div>pendekatan penelitian bentuk kualitataif. Sumber data primer dalam penelitian ini </div><div>adalah kepala sekolah, guru, peserta didik yang sedang melakukan kegiatan </div><div>belajar mengajar, sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh </div><div>secara tidak langsung dari sumbernya. Data yang diperoleh biasanya data berupa </div><div>dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar </div><div>di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang </div><div>diterapkan oleh guru dalam membentuk nasionalisme bisa dikatakan cukup baik </div><div>dikarenakan pada saat kegiatan belajar mengajar terjadi komunikasi antara dua </div><div>arah dimana siswanya cukup berperan aktif pada saat proses pembelajaran </div><div>sehingga guru yang besangkutan bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran yang </div><div>berujuan untuk membentuk nasionalisme itu ditandai dengan mengikuti upacara </div><div>bendera, memperingati hari-hari penting kenegaraan, mematuhi tata tertib sekolah </div><div>dan berperilaku yang sopan terhadap guru, namun demikian dalam </div><div>pelaksanaannya juga terdapat beberapa hambatan yang dihadapi seperti </div><div>kepribadian anak dan juga lingkungan di sekitar anak seperti keluarga, sekolah </div><div>dan juga masyarakat.</div><div>Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Nasionalisme, PPKn, Autisme</div> Dinda Dinda, Sulistyarini Sulistyarini, Shilmy Purnama, Bistari Bistari, Jagad Aditya Dewantara Copyright (c) 2023 Dinda https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/5956 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 STRATEGI PELAYANAN PUBLIK VIA WEBSITE E-HIBAH BANSOS SEBAGAI PERWUJUDAN SMART CITY DI KOTA CILEGON https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6020 <p align="center">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana startegi pelayanan publik Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik Kota Cilegon, melalui pelayanan publik sebagai perwujudan smart city, untuk mengetahui sinergitas dan respon masyarakat pengguna Website E-Hibah Bansos, serta untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan E-Hibah Bansos terutama pada Diskominfo sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan dalam bidang teknologi dalam menjalankan layanan publik. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pegumpulan data menggunakan teknik observasi, menyusun hasil wawancara, serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu Diskominfo Kota Cilegon dan Masyarakat Kota Cilegon. Strategi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik pertama bekerjasama dengan Dinas-Dinas yang ada di Kota Cilegon, kedua dengan melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja pada opd-opd yang berkaitan dengan hibah bansos, ketiga yaitu memberikan pengenalan Website E-Hibah Bansos kepada masyarakat Kota Cilegon. mayoritas pendudukt Kota Cilegon sangat support dan setuju dengan adanya layanan Website E-Hibah Bansos. Keberhasilan Website E-Hibah bansos hal ini bisa dilihat dari layanan Website E-Hibah Bansos yang terintegrasi, keterampilan dan pengetahuan masyrakat yang memadai dan komunitas yang saling terhubung</p> Lusi rosilawati, Wika Hardika Legiani, Ronni Juwandi Copyright (c) 2023 Lusi rosilawati https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6020 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA UNTUK PENGUATAN TOLERANSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6304 <p>Implementasi Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Untuk Penguatan Toleransi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Terdapat pula subjek penelitian diantaranya Kepala sekolah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, guru agama dan siswa kelas VII SMP di Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang. Alat penggumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan panduan observasi, panduan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data berupa teknik reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Program Penguatan Toleransi Siswa Melalui Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, dapat dilihat dari siswa yang melakukan doa sebelum dan sesudah pembelajaran dan perayaan hari besar keagamaan. Perencanaan penguatan nilai toleransi pada siswa yaitu menaati peraturan sekolah, saling membantu, dan menghindari perundungan. Dampak implementasi sila ketuhanan yang maha esa untuk penguatan toleransi siswa yaitu saling menghargai dan menghormati, karakter disiplin.</p> sumarni sumarni, Idham Azwar, Yuliananingsih Yuliananingsih Copyright (c) 2023 sumarni sumarni https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6304 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6324 <p>Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tentang seberapa keberhasilan penerapan metode design thinking untuk mengatasi masalah kejenuhan maupun kebosanan siswa serta meningkatkan kreatifitas siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan metode pelaksanaan pembelajaran selama 3 siklus, yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian diketemukan bahwa dengan menerapkan metode design thinking ke dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah sangat baik apabila dikolaborasikan, sehingga hal ini dapat membuat siswa tetap aktif selama melaksanakan kegiatan pembelajaran berlangsung, sekaligus hal ini dapat membantu siswa dalam menumbuhkembangkan cara berpikir kreatif dan inofatifnya melalui kegiatan yang dilakukannya selama mengikuti aktifitas belajar di kelas.</p> Abdul Malik Fajar Fanjalu Copyright (c) 2023 Abdul Malik Fajar Fanjalu https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6324 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Sikap Nasionalisme Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Ruang 1 FKIP UNJA Angkatan 2020 di Era Globalisasi 4.0 https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6373 <p>Sikap nasionalisme adalah suatu paham suatu individu ataupun kelompok untuk mencintai suatu bangsa dan tanah air karena memiliki nasib dan tanggungan yang sama. Sikap nasionalisme dalam ruang lingkup yang sempit dapat diartikan suatu rasa kecintaan kepada bangsa serta tanah air sampai akhirnya ia menganggap bangsanya adalah bangsa terbaik dan tidak ada bangsa lain yang lebih baik daripada bangsanya. Sikap nasionalisme dalam artian luas ialah suatu wujud bentuk rasa cinta terhadap tanah air tanpa merendahkan bangsa-bangsa lainnya. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sikap nasionalisme, khususnya pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahsa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Angkatan 2020. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan literatur. Sumber data penelitian terdiri dari, sumber primer dan sekunder. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris berada pada kategori yang buruk dimana mahasiswa/I masih kurang memiliki sikap bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, rela berkorban demi bangsa, menerima kemajemukan, bangga pada budaya yang beragam, menghargai jasa pahlawan, serta mengutamakan kepentingan umum.</p> Muhammad Madanil Ilmi, M Salam, Tohap Pandapotan Simaremare Copyright (c) 2023 Muhammad Madanil Ilmi https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6373 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 PRAKTIK BAIK DEMOKRASI BERKARAKTER MELALUI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA GADJAH MADA KOTA MEDAN https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6389 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik demokrasi yang positif dalam menerapkan profil pelajar Pancasila. Program kurikulum "Merdeka Belajar" melibatkan enam indikator dalam memperkuat pembelajaran yang lebih fokus pada nilai-nilai, sikap, dan perilaku. Indikator tersebut mencakup keyakinan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap yang luhur; kemandirian; semangat gotong royong; penerimaan terhadap keberagaman global; kemampuan berpikir kritis; dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dan partisipan berperan sebagai sumber data, dan studi literatur juga digunakan untuk memperkuat hasil dan kesimpulan melalui triangulasi data. SMA Gadjah Mada berupaya menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan mengembangkan karakter pelajar Pancasila melalui kurikulum merdeka belajar dan projek profil pelajar Pancasila. Praktik demokrasi berkarakter terlihat dalam berbagai aspek kehidupan di sekolah, termasuk dalam kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pengambilan keputusan bersama. Meskipun terdapat kendala dalam penyesuaian kurikulum merdeka secara utuh namun sekolah tetap berkomitmen untuk memberikan pembinaan dan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi mereka secara holistic secara optimal dalam capaian profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia; mandiri; gotong royong; berkebhinekaan global; berpikir kritis;dan kreatif.</p> jamaludin jamaludin, Arief Wahyudi, Dewi Pika Lumban Batu, Oksari A Sihaloho Copyright (c) 2023 jamaludin jamaludin, Arief Wahyudi, Dewi Pika Lumban Batu, Oksari A Sihaloho https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6389 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 MENAKLUKKAN GELOMBANG REVOLUSI INDUSTRI : BAGAIMANA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BISA MENJADI KUNCI? https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6408 <p>Perkembangan teknologi berdampak dengan tuntutan dalam dunia pendidikan untuk dapat mengatasi permasalah-permasalahan dalam dunia digital seperti masalah ujaran kebencian berbasis SARA, model pendidikan tersebut dikenal sebagai pendidikan 4.0. tujuan penelitian ini untuk melihat peran pendidikan kewarganegaraan dalam menghadapi tantangan dan peluang yang diakibatkan oleh Revolusi 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis dan mensintesis berbagai literatur yang relevan dalam mendukung argumen dan temuan penelitian,. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadi semakin penting untuk membentuk generasi milenial yang berpikir kritis, literat, dan responsif terhadap perubahan serta memiliki nilai-nilai Pancasila dan karakteristik warga negara yang kuat, sehingga mampu berkontribusi secara aktif dalam membangun masyarakat yang berbudaya, cerdas, dan berkarakter, sejalan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan zaman.</p> Satrio Alpen Pradanna Copyright (c) 2023 Satrio Alpen Pradanna https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6408 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN ASSESSMENT QUIZZIZ PAPER MODE DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6520 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan </span><em><span style="vertical-align: inherit;">mode </span></em></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">kuis kertas</span></span></em><em></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VII,4 di SMP Negeri 38 Palembang. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dalam metode PTK ada 4 tahap yang harus dilakukan peneliti yakni; </span><span style="vertical-align: inherit;">1) Perencanaan; </span><span style="vertical-align: inherit;">2) Tindakan; </span><span style="vertical-align: inherit;">3) Pengamatan; </span><span style="vertical-align: inherit;">dan 4) Refleksi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Kegiatan dilakukan selama 3 siklus yaitu; </span><span style="vertical-align: inherit;">1) Pra siklus; </span><span style="vertical-align: inherit;">2) Siklus 1; </span><span style="vertical-align: inherit;">dan 3) Siklus 2. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan tes pilihan ganda. </span><span style="vertical-align: inherit;">Soal yang dibuat berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan atau tindakan yang sudah dirancang pada tahap perencanaan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Pada pra siklus diperoleh hasil rata-rata nilai hanya 57,2, dan peserta didik yang mencapai KKM hanya 13 peserta didik serta persentasenya 36%. </span><span style="vertical-align: inherit;">Selanjutnya pada siklus I dan II terus mengalami peningkatan mulai dari rata-rata nilai menjadi 66,9 dan 89,7 dan persentasenya mencapai 61% dan 83%. </span><span style="vertical-align: inherit;">Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 30 orang. </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulannya yakni penggunaan</span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Quizziz mode paper</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.</span></span></p> imanda resta viana, Alfiandra Alfiandra Copyright (c) 2023 imanda resta viana https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6520 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 POLA PENGEMBANGAN SIKAP DEMOKRASI PADA MATA KULIAH WAJIB KURIKULUM (MKWK) https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6607 <em><span lang="IN">This research is based on the importance of developing democratic attitudes in the learning process of mandatory curriculum subjects. This research aims to discover the pattern of developing democratic attitudes of lecturers and students in mandatory curriculum subjects in the IKIP PGRI Pontianak Study Program. This research focuses on extracting data about patterns of developing democratic attitudes in the interaction of lecturers and students in the lecture process for mandatory curriculum subjects. The method used is descriptive quantitative with data collection techniques, indirect and direct communication, with data collection tools, questionnaires and interview guides. The results of the research show that the pattern of developing a democratic attitude in the interaction between lecturers and students in the learning process is the sharing pattern because this pattern is considered capable of creating active and effective learning that is mutually respectful, polite, respectful, open and tolerance for early semester students who may have low self-confidence in expressing opinions or responses</span></em> Dada Suhaida, Nurhadianto Nurhadianto Copyright (c) 2023 Dada Suhaida https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6607 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT DALAM KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA TENGON KECAMATAN AIR BESAE KABUPATEN LANDAK https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6614 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Desa Tengon, Kabupaten Landak, serta mengevaluasi apakah hasilnya buruk atau rendah. Kebersihan lingkungan adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, serta mempertahankan ekosistem yang seimbang. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala desa, kepala RT, kepala RW, dan masyarakat. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kepedulian masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Desa Tengon mayoritas responden tidak memiliki kesadaran yang baik tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Penyebab utama dari rendahnya tingkat kepedulian ini adalah kurangnya pengetahuan mengenai dampak yang dapat ditimbulkan oleh perilaku yang tidak ramah lingkungan, serta kurangnya akses terhadap sarana dan prasarana yang memadai untuk membuang sampah.</p> Syafrial Nur, Moad Moad, Heriko Heriko Copyright (c) 2023 Syafrial Nur https://journal.kewarganegaraan.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/6614 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000